Anatomy Sales Letter Dalam Copywriting
Masih ingat 2 gambar ini yang diambil dari materi kita sebelumnya ? (Klick Disini Untuk Melihat Materi Sebelumnya: Selling Tahap Awal Memulai Bisnis dan Formula Harga Dalam Penjualan.
Gambar 1
Gambar 2
Lihatlah kedua gambar diatas, pada gambar pertama dibuat tampa memberikan keterangan, sedangkan pada gambar kedua dibuat dengan informasi-informasi tambahan. Kira-kira jika Kita ingin membeli, tentu taksiran harga gambar kedua akan lebih mahal ketimbang gambar pertama.
Lalu coba perkirakan, kira-kira dengan tafsiran harga sekian, apakah Kita masih mau membelinya ?,
Kemungkinannya belum tentu. Jadi bagaimana jika ada tambahan informasi seperti diskon 30% dan sebagainya. Informasi-informasi seperti ini, akan meningkatkan kemungkinan orang untuk membeli?
Jadi, Kesimpulannya adalah
Copywriting bukan ilmu untuk menipu orang,
Copywriting adalah bagaimana menyampaikan informasi hingga dimengerti oleh calon konsumen, sejelas-jelasnya…
Mengapa Copywriting sebaiknya tidak digunakan untuk menjual dengan memberi informasi yang berlebihan?
Masih ingat dengan artikel kita sebelumnya tentang “Formula Harga Dalam Penjualan”,
Pada artikel tersebut sudah dijelaskan, jika biaya (yang dibayar) lebih besar dari benefit (yang diharapkan), maka akan menimbulkan kekecewaan, oleh sebab itu janjikanlah apa yang mampu diberikan.
Jadi, tujuan pemasaran adalah memuaskan pelanggan dan menguntungkan perusahaan.
Lalu pertanyaannya adalah kenapa orang mau beli…?
Orang mau membeli karena didorong oleh kebutuhan (harus) dan keinginan (karena ada penawaran) atau dalam bahasa psikologi, motivasi orang bertindak selalui didasarkan pada pain (rasa sakit) dan pleasure (iming-iming atau rasa senang).
Jadi, pertanyaannya kenapa seseorang tak atau belum mau membeli…?
Hal ini biasanya disebabkan oleh alasan, penundaan, sebab -- > yang dikenal dengan hambatan
Dengan mengetahui alasan, penundaan, dan sebab, orang tak atau belum mau membeli, maka kita dapat membuat copywriting untuk menangkis hambatan ini dengan kemudahan dan keterdesakan.
Kemudahan dapat berupa sistem pembayaran yang dipermudah dengan yang dimengerti konsumen atau dengan mecicil pembayaran, sedangkan keterdesakan dapat dibuat dengan ketentuan seperti setiap 50 orang pembeli harga naik atau menampilkan stok barang yang tersedia dan lain sebagainnya.
Semuannya ini dapat diramu kedalam sebuah formula yang kemudian dikenal dengan formula konversi, sebagai berikut:
Problem + Daya ungkit + Solusi + Kemudahan > Hambatan
Dengan membuat copywriting yang mengecilka hambatan yang mungkin muncul dibanding masalah, daya ungkit, solusi dan kemudahan yang dapat kita berikan maka dapat meningkatkan konversi.
Problem
Daya ungkit
Solusi
Hambatan
Kemudahan
Untuk membuat copywriting yang tepat sesuai dengan target market dan produk yang akan kita tawarkan dapat dimulai dengan menggunakan pertanyaan pembantu,sebagai berikut:
Setelah mengetahui secara jelas Problem, Daya ungkit, Solusi, Kemudahan dan Hambatan, selanjutnya semuanya dapat dirangkum dalam sebuah tulisan copywriting penjualan yang dapat dikenal dengan anatomy sales script.
Uraiannya adalah sebagai berikut:
Anatomy Sales Script
Baca juga:
- Tahap-tahap Funneling dan Copywritingnya
- Customer Persona Dalam Bisnis Online
- ReProfiling – Riset ala Pebisnis Online
Berikut salah satu contoh iklan dengan anatomy sales script yang cukup bagus:
Penjelasan:
- - 80% bisnis online mati ditahun pertama karena tidak tahu caranya -- > Pain = Problem, ada orang yang tidak tahu masalahnya sehingga perlu disampaikan. Dengan menyampaikan masalah ini, kita sudah membidik target yang cukup jelas yaitu pengusaha pemula, yang rata-rata ingin tahu cara berbisnis yang baik agar tidak gagal.
- - Kami berkumpul menciptakan solusinya, bekerja siang dan malam -- > Memperbesar effek effort untuk memecahkan masalah yang ada.
- - Solusinya tersaji di depan anda. Ini dia, erbo, Ensiklopedia Rahasia Bisnis Online -- > Menyampaikan solusi
- - 23 modul, 17 video panduan dan 3176 halaman yang akan melejitkan bisnis online anda dengan sangat-sangat cepat -- > ekstrim pain di balik dengan ekstrim pleasure.
- - Melejitkan bisnis anda sejak hari pertama -- > kemudahan, jalan keluar yang menyenangkan yang memberikan gambaran ketika seseorang memulai bisnisnya.
- - Diajarkan step by step oleh para ahlinya -- > Mengangkat Otoritas
- - Tinggal contek -- > Kemudahan
- - Materi dengan puluhan juta rupiah bisa didapatkan hanya dengan harga Rp. 20.000 -- > kontras
- - Hanya untuk 20.000 orang saja ! -- > Keterdesakan, keterbatasan waktu dan kesempatan
- - Video ini ditonton jutaan orang tertarget mereka yang sama-sama menguasai bisnis online -- > Meningkatkan keterdesakan
- - Uang Anda akan dikembalikan 200% dan ERBO teta menjadimilik Anda -- > Kecilkan resiko
- - Hanya Rp. 20.000 untuk 20.000 orang pembeli pertama -- > penekanan
- - Klick: bit.ly/erbo-yubi -- >Action kemana
Tentu urutan atau formula copywriting ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan platfon yang digunakan untuk menyampaikan informasi produk kita, intinya yang harus diingat adalah formula konversinya yaitu Problem + Daya ungkit + Solusi + Kemudahan > Hambatan
Kuncinya Tes < -- > dan ukur
Baca juga: Langka-langkah Membangun Bisnis Online
Ingat jangan over-promised, hingga membuat pelanggan kecewa..
Sebelum upload, Baca minimum 3x dengan teliti, bukan speed reading.
Hilangkan yang tak diperlukan!
Yang terpenting sedikit jurus banyak praktiknya
Script Sales Later seseorang dangan yang lain, memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda, oleh sebab itu kuncinya Tes dan Ukur.
Komentar
Posting Komentar