Cara Sukses Dengan FaceBook Ads
Mindset dalam beriklan
1. Fokus terhadap Tujuan Iklan
Apa tujuannya untuk seles, awernes (mengenal tentang kita), atau database (mangbangun list). Dengan focus angel dan copywritingnya dapat diarahkan untuk mencapai tujuan.
Baca Juga:
2. Menemukan data dan pola untuk pembelajaran
Beriklan itu tidaklah rugu, karena meskipun tidak terjadi penjualanyang terjadi adalah kita membaca dan mendapat data. Data yang didapat dari hasil iklan dapat diriset untuk menjadi pola pembelajaran baru untuk iklan kedepannya.
Contoh Isi data:
- -Usia 20-30 adalah usia terbanyak yang membuka iklan kita.
- -Lokasi di Jakarta
- -Sehingga iklan kita kedepannya hanya membidikmereka saja, yaitu usia 20-30 dan berlokasi di Jakarta saja (sehingga iklan kita lebih efektif).
3. Lupakan iklan Rp. 1
Maksudnya untuk apa beriklan dengan harga murah jika tidak ada target yang hendak dicapai, ingat lagi iklan itu harus focus dengan tujuan iklan.
Boleh berikan murah, asal kita tahu bahwa yang melakukan action (like, comment, share) terhadap iklan itu sama.
Contoh: Kita beriklan pada 20.000 orang dan yang sudah melakukan action sudah lebih dari 20.000 orang. Namun ingat tujuan akhit kita tetap jualan.
4. Gak PELIT!
Minimal untuk iklan Rp.30.000 dan tidak perlu menyeting batas waktu beriklan (khusus tahap awal).
Keberhasilan Iklan
1. Targeting yang pas
Contoh:
Kita menjual korek api dan mentarget seluruh laki-laki, ini sama sekali tidak tertarget.
Kenapa?
1.Tidak semua laki-laki merokok,
2.Tidak semua laki-laki butuh korek
Maka, bidik saja laki-laki yang benar-benar merokok.
Baca juga:
2. Visual yang menggoda
Tujuannya minimal menarik perhatian. Contoh: misalkan memasang foto model, jika modelnya jelek jelek sekalian, jika ganteng ganteng sekalian (jangan setengah-setengah sehingga tidak menimbulkan rasa penasaran)
3. Copywriting yang membius
Copywriting yang membius, dalam iklan paling utama adalah hedlinenya.
Hedline yang bagus minimal mengandung 4 hal:
1.Memasukan unsur Pain atau Pleasure
2.Memasukan angka
3.Kemudahan
4.CTA (Call To Action) yang jelas, contoh klick disini, Beli, dll
Contoh: Formula Headline
Baca juga: Formula Headline Copywriting
4. Penawaran yang Fokus
Ingat materi tentang traffic temperature, beda temperature costomer maka beda pula penawarannya.
Lebih lengkap baca materi sebelumnya; Traffic Temperatur Dalam Bisnis Online dan 3 Penyebab Kehilangan Potensi Profit Bisnis Online.
5. Balik lagi ke PRODUK-nya
Prodaknya harus sesui dengan permasalahan pasar, disinilah perlunya riset prodak.
Baca juga:
Bagaimana jika iklan tidak menghasilkan ?
Kemungkinan jawabanya adalah….
Jika iklan banyak interaksi (like, komen, share), maka target marketnya biasanya sudah pas, hanya saja mungkin teknik closingnya kurang bagus, factor konversi di website kurang bagus, tidak ada tombol CTA (Call To Action), harga kemahalan, atau prodak kurang menggigit.
Namun secara iklan, adsnya sudah bagus, targetnya sudah tepat adwordnya juga sudah tepat.
Jika iklan sedikit interaksi (like, komen, share), maka kemungkinan paling mungkin adalah targetnya kurang pas atau iklannya kurang menarik.
Simak Penjelasan Lengkapnya dari Video Berikut:
3 Langkah apa saja yang dilakukan saat beriklan ?
Persiapkan Audience-nya: Tentukan Targeted yang tepat.
Tentukan tujuan iklan: Awareness, Sales, atau membangun database, Baca juga : Traffic Temperatur Dalam Bisnis Online
Persiapkan materi iklan: Visual dan Copywriting, Baca juga: Tahap-tahap Funneling dan Copywritingnya
4 Targeting -- > dalam Facebook disebut Audience
1. Audience dalam FB
- Saved Audience ¬¬-- >Audience yang sudah ada dalam facebook seperti demografi, minat, sudah meningkah, sudah memiliki anak, dll. Save audience, bisa gunakan Audience Insight -- > facebook.com/ads/audience-insights
- Custom Audience -- > Audiece yang sudah kita miliki, misalkan kita memiliki data pelanggan dan ingin iklan ditampilkan hanya kepada pelanggan ini. Audience ini bisa berasal dari hasil rekaman pixel, data email, nomor hp, atau orang yang mengunjungi postingan yang kita buat di facebook (baik dalam fanspage atau postingan facebook).
- Similar Audience -- > data yang dimiliki facebook disamakan dengan data costum audience yang kita miliki. Contoh kita memiliki data costum audience dan ingin mencari orang lain dengan prilaku yang mirip dengan prilaku costum audience ini, disini kita tinggal memasukan data audience yang kita punya dan memita facebook untuk memcari orang yang memiliki prilaku yag mirip dengan data kita.
2. Hal yang harus diperhatikan Dalam Menentukan Terget Audience: -- > Bisa gunakan data pembeli
- Lokasi, Gender, Usia (Biarkan wide / luas jika belum tahu siapa target idealnya)
- Interest / Minat (BROAD Interest -- > Interest yang jumlah audience-nya jutaan dan TARGETED Interest -- > Biasanya berdasarkan Page likes / Narrow atau irisan dari setiap audiens yang ditarget) -- > Iklan sebaiknya menggunakan TARGETED Interest kecuali belum tahu siapa target idealnya.
- Size tidak besar (200k – 700k audiens, semakin besar jumlah bidikan audiens kita maka semakin lemah bidikannya)
3. Kategori targeted interest
1. Fanspage yang sesuai dengan produk yang kita jual
2. Fanspage public figure (dimana target kita me-like akun dia)
3. Lain-lain (seperti media atau produk lain yang audiens nya related)
Untuk mengetahu interest audience dapat menggunakan cara-cara berikut:
- Lihat melalui audience insight pada kolom "page likes"
- Gunakan facebook search
- Kepo dari akun facebook pembeli. Dia me-LIKE fanspage apa? (Fanspage yang related dengan produk yang kita bidik)
4. hal yang bisa dilakukan Untuk Mendapatkan Data Saved Audience
1. Masukan beberapa interest berdasarkan kategori (dengan catatan size tidak besar)
2. Maskan interst 1 saja
3. Bisa gunakan broad interest (Kumungkinannya kecil, tapi beberapa ada yang berhasil)
5. Hal yang bisa dilakukan Untuk Mendapatkan dan Mengelola Data Similar Audience:
1. Buat audience dari data pixel
2. Masukan berdasarkan no.HP (Jika punya database no. HP)
3. Masukan berdasarkan email (Jika punya database email)
4. Interaksi dari Postingan yang dibuat
6. Hal yang bisa dilakukan Untuk Mendapatkan Data Similar Audience:
1. Costom audience yang Kita miliki, di perbesar dengan fiture “Look a Like”
2. Audience yang me-LIKE fanspage Kita diperbesar dengan fitur “Look a Like”
Baca Juga: Pentingnya Membuat Website Untuk Bisnis
Strategi Iklan
Ingat tujuan iklan: Apakah untuk Awareness atau Seles
“Facebook, hanyalah media. Media yang membantu kegiatan promosi kita. Namun, KEBERHASILAN bukan berada di facebook. Bukan!
Keberhasilan, tetap Kita yang kendalikan..”
Baca juga: Langka-langkah Membangun Bisnis Online
Komentar
Posting Komentar