Belajar Optimasi Toko Online Cepat dan Mudah
Sebelum membahas tentang optimasi toko online, mari kita melihat kembali 2 hal penting dalam berjualan via online yaitu Traffic Creation (mendatangkan pengunjung) dan Traffic Conversion (Sales / Database/ Pixel).
Dalam Traffic Creatio yang terpenting adalah bagaimana cara kita mendatangkan traffic ke toko online kita, karena tampa traffic maka bagaimana mungkin ada penjualan. Sedangkan jika membicarakan terkait Traffic Conversion maka kita akan mulai mengubah pengunjung, yang tadinya hanya sekedar lewat menjadi pembeli dan masuk ke dalam database pelanggan.
Baca juga:
- Pentingnya Data Dalam Membangun Bisnis
- Jenis dan Cara Pengumpulan Data Untuk Bisnis Online
- 5 Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis
Faktor Konversi Toko Online (Beli) :
1. Visual
Dalam berjualan secara online, orang tidak melihat produknya secara langsung. Untuk mengkonversi menjadi pembelian, produk harus ditampilkan dengan visual yang bagus.
Data mengatakan, 80 % daya tariknya orang dipengaruhi oleh visual. Orang tidak akan tahu produk kita bagus kalau mereka tidak mencoba, orang tidak akan mencoba jika mereka tidak membeli atau merasakan atau membayangkan sendiri produknya, orang tidak dapat merasakan atau membayangkan pngalaman yang baik tentang sebuah produk jika tidak ditampilkan dengan visual yang bagus.
Baca juga: Review Buku Buka Lagsung Laris
2. Copywriting
Didalam Copywriting sudah terdapat semua informasi terkait produk kita, penawaran, harga, testimony, call to action, dll.
Copywriting yang dibuat sebaiknya berdasarkan kondisi calon pelanggan. Untuk masalah copywriting ini sudah dibahas dalam banyak materi-materi kita sebelumnya.
Baca Juga:
- Tahap-tahap Funneling dan Copywritingnya
- Anatomy Sales Letter Dalam Copywriting
- Formula Headline Copywriting
- Formula Harga Dalam Penjualan
Faktor Konversi (Database):
1. Pemicu
Pemicu disini dapat berupa apa yang kita tawarkan agar orang mau memberikan datanya (minimal email dan nama) kepada kita. Pemicu ini dapat berupa produk gratis, diskon, produk penetrasi, dll.
Baca juga:
- Apa Itu Produk Penetrasi ?
- Meningkatkan Konversi Penjualan dengan Sales Funnel
- Customer Persona Dalam Bisnis Online
2. Mudahkan
Misalkan:
- -Jangan meminta data yang terlalu banyak (tidak kita butuhkan), ini akan membuat orang malas lebih dulu sebelum memberi datanya
- -Jangan membuat intruksi yang panjang misalkan, masukan data ini, lalu klick link ini, setalah itu klick link ini atau link itu (ini akan membingungkan konsumen). Saran: minimal gunakan 2 channel list saja yang akan kita pakai (email dan WhatsApp atau lainnya).
- -jika konsumen mengertinya hanya menggunakan WhatsApp atau BBM saja, ya sudah layani gunakan WhatsApp atau BBM saja. (jangan persulit konsumen dengan channel yang tidak mereka mengerti).
- -Data paling bagus adalah email, karena jarang orang mengganti emailnya, selain itu email dapat dikawinkan dengan facebook untuk menjaring pelanggan lainnya atau membuat re-targeting dengan iklan facebook Ads.
Baca juga: 10 Alasan Kenapa Harus Email Marketing
6 Optimasi yang Bisa Dilakukan:
1. Bantuan Landing Page
Digunakan jika ingin menjual produk-produk yang agak mahal atau sulit dan membutuhkan edukasi seperti seminar pelatihan copywriting, dll . Landing Page dapat dibuat dangan aplikasi gratis seperti wix.com, dll.
Fungsi Landing Page:
- -Meng-generate / Membangkitkan gairah orang supaya semakin mau membeli, kerena landing page biasanya hanya focus pada satu produk saja dan biasanya struktur copywritingnya bisa lebih dimaksimalkan.
- -Tidak menyia-nyiakan TRAFFIC / Pengunjung
- -Merubah kondisi calon pembeli (Baca: Traffic Temperatur)
(Catatan: Untuk produk yang umum sebenarya tidak begitu membutuhkan landing page, contoh: sepatu, baju, dll)
Baca Juga: Pentingnya Membuat Website Untuk Bisnis
2. Welcoming Shock
Buatlah pengunjung terkejut atau menampilkan gambar yang dapat menarik perhatian pengunjung ketika pertama kali membuka website toko online atau Landing Page kita.
5-8 detik pertama merupakan factor penentu bagaimana website kita dapat menarik perhatian konsumen. Jika dalam rentang waktu itu, kita tidak dapat membuat seseorang tertarik, maka website kita akan langsung di close dan web kitapun akan dilupakan.
Oleh sebab itu tampilan headlin (yang menarik) dan visual yang bagus harus ditampilkan pertama kali.
Baca Juga:
- 3 Penyebab Kehilangan Potensi Profit Bisnis Online
- Tahap-tahap Funneling dan Copywritingnya
- Anatomy Sales Letter Dalam Copywriting
- Formula Headline Copywriting
3. Visitor Experience
Visitor Experience berkaitan dengan pengalaman pengunjung.
Usahakan agar website memiliki louding yang cepat.
Cara agar loudingnya cepat kontennyapun harus ringan, masukan gambar yang ukuran filenya tidak terlalu besar namun tetap bagus (jangan lebih dari 300kb), dll.
Bagaimana caranya?,
Ukuran foto dapat diresize, kita dapat menggunakan photoscape (gratis dan dapat di download di google).
Selain soal loading yang cepat, Visitor Experience juga terkait dengan tampilan yang mudah. Jadi, visitor jangan dibuat bingung. Kalao bisa satu laman dibuat hanya utuk satu kategori produk dan jika ada kategori produk lainnya dibuat dengan laman yang terpisah.
Contoh: Laman Aksesoris hp, ya yang dimasukan hanya tentang Aksesoris hp, jangan masukan produk lainnya.
4. Optimasi Struktur Toko Online
Optimasi dengan struktur yang mengandung faktor KONVERSI (Visual dan Copywriting).
Baca Juga:
- 3 Penyebab Kehilangan Potensi Profit Bisnis Online
- Tahap-tahap Funneling dan Copywritingnya
- Anatomy Sales Letter Dalam Copywriting
- Review Buku Buka Langsung Laris
5. Berikan Pemicu
Berikan pemicu yang membuat orang ingin masuk ke DATABASE Kita.
Jadi, jika seandainnya pengunjung tidak membeli, setidaknya ia masuk ke dalam list database kita.
Baca juga:
- Apa Itu Produk Penetrasi ?
- Meningkatkan Konversi Penjualan dengan Sales Funnel
- Customer Persona Dalam Bisnis Online
6. Tempel Pixel
Tempel Pixel ini dimaksudkan untuk merekam orang-orang yang masuk ke toko online kita (siapa yang hanya mengunjungi website, siapa yang sudah mulai melakukan klick didalam website, siapa yang sudah mengklick tombol beli, atau siapa yang sudah beli). Untuk mengecek apakah Pixel kita jalan kita dapat menggunakan Pixel Helper.
Pixel Helper adalah extension googel chrome, sehingga harus menggunakan google chrome.
Dengan Tempeli Pixel, kita dapat merekam data pengunjung dan kemudian mengiklankan ke pengunjung itu lewat facebook.
4 Hal yang bisa dilakukan dengan Pixel adalah:
- -Tempel Pixelnya
- -Cek gunakan Facebook Pixel Helper
- -Buat audience nya di FB
- -Perbesar sizenya dengan LOOKALIKE (Mencari orang dengan prilaku yang sama seperti pengunjung website di facebook untuk diiklani produk kita)
Baca juga: Belajar Optimasi Toko Online Cepat dan Mudah
7. Googel Analitick
Amplikasi gratis googel untuk merekam semua aktivitas yang terjadi di website kita.
Dengan menggunakan googel analitik kita akan mendapatkan beberapa data yang akan berguna tantang berbagai cara untuk mengoptimase website kita.
Amplikasi gratis googel untuk merekam semua aktivitas yang terjadi di website kita.
Dengan menggunakan googel analitik kita akan mendapatkan beberapa data yang akan berguna tantang berbagai cara untuk mengoptimase website kita.
Baca juga:
Baca juga: Langka-langkah Membangun Bisnis Online
Demikianlah hal-hal yang perlu diperhatikan juka kita ingin meningkatkan penjualan toko online kita.
Pada artikel "Belajar Optimasi Toko Online Cepat dan Mudah" diatas kita lebih fokus pada website yang kita miliki, namun selalu ingat perlunya untuk mendatangkan traffick.
Pada artikel selanjunya kita akan membahas cara mendatangkan traffick dengan Facebook Ads, Silahkan kawan-kawan lanjut membacadengan klick disini:" Belajar Optimasi Toko Online Cepat dan Mudah"
Komentar
Posting Komentar