Formula Headline Copywriting
Headline merupakan kunci penting kesuksesan dari sebuah copywriting penjualan. Headline yang menarik dapat memancing target market untuk lanjut membaca isi penawaran produk.
Copywriting online adalah misteri karena penjual tak bertatap muka dengan pembeli. Oleh sebab itu disini dibutuhkan kepiawaian penjual dalam mengira-ngira atau menafsir kebutuhan pembeli, pertanyaan yang mugkin diajukan, serta keberatan-keberatan yang mungkin muncul.
Salah satu metode tercepat untuk belajar adalah dengan menggunakan metode modeling, yaitu memodel dari sebuah contoh yang sudah ada.
Contoh:
Jika ingin bisnis kuliner, maka cara tercepat untuk sukses adalah dengan melihat bisnis kuliner yang sudah berhasil.
Melihat apa yang mereka lakukan dan menerapkannya dalam bisnis kita, serta memodifikasi model bisnis untuk menyesuaikan dengan kondisi yang ada.
Demikian pula dalam belajar Copywriting, kitapun dapat memodel copywriting yang sudah ada, serta memiliki respon yang cukup banyak (like, koment, share).
Setiap menemukan copywriting yang menarik, copy dan simpan untuk nanti ditest.
Perhatikan beberapa contoh headline berikut:
Adakah petunjuk yang dapat kita pelajari dari contoh-contoh headline copywriting diatas ?
Masih ingatkah, materi kita sebelumnya tentang Anatomy Sales Letter Dalam Copywriting yang membahas formula konversi ?,
Formula Konversi = Problem + Daya ungkit + [Solusi + Kemudahan] > Hambatan
Agar mudah membuat calon pembeli membayangkan Problem, Daya ungkit, Solusi, dan Kemudahan, maka harus dibuat angka sehingga dapat dibandingkan dengan hambatan yang dimilikinya.
Dalam Copywriting ada yang disebut Angle atau sudut bidikan kata kunci.
Angel sendiri ada bermacam-macam tergantung dengan jenis produk dan castomer persona yang kita bidik.
Contoh angel problem diatas hanya dapat diarahkan pada pengusaha yang sudah mengalami TRIAL ERROR dalam bisnis,
Jika dengan Agel TRIAL ERROR namun bidikan target pasarnya adalah pengusaha yang belum mengalami TRIAL ERROR, maka iklan yang dibuat agak percuma sebab kemungkinan akan diabaikan.
Angle dapat memasukan beberapa unsur diataranya:
Pembidikan agle yang tepat akan membuat target market trens, karena kata itu mengandung vibrasi (pegaruh ke alam bawah sadar).
# Kata Penekanan
# Kata Kunci
# Psikologi Angka
Angka (benefit) yang terlalu kecil, membuat konsument tak tertarik. Jika angka terlalu besar membuat orang tak percaya atau susah menginderakan.
Mari Kita Uraikan Contoh Headline Di Atas:
- Bagaimana caranya menghasilkan 10 juta perbulan, sambil dasteran?
- Turun 10 kg dalam 30 hari tetap bisa makan donat, Mau?
- Modal 300 ribu rupiah, bisa punya penghasilan 7 juta perbulan
- Sekarang Anda bisa jadi pengusaha hanya bermodal leptop dan modem saja
- 9 Alasan kenapa Anda layak jadi istri idaman pengusaha..!
Mari Kita Lihat Gambar Berikut dan Kira-kira Headline Yang Tapat Untuk Produk ini Seperti Apa?
Gambar 1
Sebelum membuat headline, kita harus tahu dulu, apa target pasar kita mengerti iPhone 6s itu apa dibanding dengan iPhone lain?,
Jika target pasar sudah mengerti, maka kita tidak perlu susah, cukup katakan saja:
"iPhone 6s telah hadir" atau
"Diskon 10% untuk 10 pembeli pertama", dll
Gambar 2
Sama seperti contoh lainnya, sebelum menyusun formula headline, kita harus terlebih dahulu tahu siapa target pasar kita, apa mereka tuhu produk kita dan kegunaannya, dan informasi-informasi lainnya.
Yang terpentig dari Headline adalah memancing rasa penasaran atau ketertarikan orang untuk membaca.
Langka-langkah Pembuatan Headline
7 Contoh Formula Headline Yang Dapat Di Test
Formula Headline 1
Perhatikan contoh-contoh dibawah:
Formula Headline 2
Perhatikan contoh-contoh dibawah:
Formula Headline 3
Perhatikan contoh-contoh dibawah:
Formula Headline 4
Perhatikan contoh-contoh dibawah:
Formula Headline 5
Perhatikan contoh-contoh dibawah:
Formula Headline 6
Perhatikan contoh-contoh dibawah:
Formula Headline 7
Perhatikan contoh-contoh dibawah:
Produk yang sama dijual kepada target pasar yang berbeda akan berbeda pula headlinenya.
Menjual kepada mereka yang sudah paham beda dengan pada mereka yang belum paham.
Kita dapat memodifikasi semua contoh headline diatas, kuncinya tes dan ukur.
Latihan:
Buatlah headline produk kita masing-masing dengan agle yang berbeda-beda.
Yang paling penting sedikit jurus banyak praktek.
Headline yang bagus menarik orang untuk melirik, sebagian besar keberhasilan teks copywriting pentualan ditentukan oleh headline yang menarik.
Baca Juga:
- Customer Persona Dalam Bisnis Online
Baca juga: Langka-langkah Membangun Bisnis Online
Komentar
Posting Komentar