24 Tools Untuk Meningkatkan Productivity

24 Tools Untuk Meningkatkan Productivity


Pada artikel sebelumya kita telah membahas tentang “Apa itu Productivity dan Cara Membangun Productivity Tim Bisnis”, sedangkan pada artikel kali ini kita akan focus pada tools atau alat yang dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan produktivitas.

Ada ratusan tools sebenarnya diluaran sana baik yang gratis maupun berbayar yang dapat kita manfaatkan untuk memaksimalkan produktivitas kita. Dalam artikel kali ini saya akan menunjukan beberapa dari tools tersebut yang mungkin dpat membantu memecahkan masalah yang kita hadapi dan meningkatkan produktivitas kita:

Hosting Gratis


1. Buku Tulis dan Pulpen

Otak kita tidak dirancang untuk mengingat informasi namun untuk merancang ide. Ide dapat muncul dimana saja, sehingga kita harus selalu menyediakan buku dan pulpen agar begitu kita mendapat sebuah ide, catatatlah ide itu. Jauh lebih baik menggunakan buku tampa garis. Menurut penelitian Tommy sward, orang yang mencatat dengan menggunakan buku tulis tampa garis targetya leebih tercapai sejauh 20% dibandingyang bergaris.

2. Call Recorder - ACR

Berguna untuk merekam pembiaran telepon. Hal ini berguna untuk mengingatkan kita akan informasi yang penting seperti nomor hp dan lain sebagainnya.
Kadang kita menerima telpon saat sedang meeting, menyetir mobil atau tidak focus, aplikasi ini akan sangat membatu kita.
Rekaman ini juga dapat digunakan sebagai barang bukti jika terjadi sesuatu.

3. Draw.io

Draw.io adalah aplikasi gratis untuk menggambar diagaram, flowchart, main map, dan sebagainnya. Dapat digunakan secara gratis.

4. Dropbox – Dropbox.com/paper

Merupakan produk terbaru dropbox untuk menulis secara kolaborasi. Ini berguna dalam tim agar kita menulis suatu teks secara bersama dari berbagai tempat.
Contoh dalam membuat sebuah tulisan copywriting penjualan dibentuk sebuah tim yang terdiri atas 3 orang yang tinggal di tempat berbeda-beda. Saya tinggal dimalang, kawan yang lain di Jakarta, dan kawan yang lain lagi di bandung, namun kita tetap dapat menyelesaikan suatu teks secara bersamaan. Ketika kawan kita melakukan edit tulisan, kitapun dapat melihatnya. Jadi kita tetap sama-sama dapat menuis tampa harus bertemu.

Dengan aplikasi ini kita tidak perlu seelalu melakukan seve file lalu dikirim, namun file yang sama dapat selalu diedit dan hasilnya selalu dapat dilihat rekan tim kita. Hasil editan realtime dan tersipan secara otomatis ke dorpbox.

3. Forrest – forrestapp.cc

Forrest adalah aplikasi seperti game menanam hutan untuk melatih focus. Saat diaktifkan aplikasi ini akan memblokir semua waktu kita untuk tidak memegang hp, jika hp kita pegang maka hutannya akan mati. Aplikasi ini juga akan mematikan semua notifikasi yang ada.

4. Google Drive – Drive.Google.com

Tempat penyimpanan file gatis sampai 15 GB. Selain tempat penyimpaan bayak fungsi lain yang dapat dimanfaatkan.
Contoh google site untuk laporan keuangan realtime. Jadi misalkan untuk laporan keuangan jika bekerja dari jarak jauh tinggal menyerahkan pada akuntan untuk mengetik dan grafik laporan akan berubah secara realtime.

5. Google Hangouts – Hangouts.Google.com

Aplikasi untuk video call dapat untuk melihat wajah dan suara, mengirim pesan secara bersamaan. Dapat digunakan untuk meeting, webinar, dan lain-lain.

6. Google Play Books – Play.Google.com/books

Dengan aplikasi ini kita dapat membaca buku secara singkron di leptop, tablet dan lainnya. Misalkan kita membaca di leptop sampai halaman 13 lalu buka lagi di tablet maka halaman yang dibukapun di halaman 13. Harga buku untuk dibaca cukup murah.

7. Lastpass – Lastpass.com

Dapat digunakan untuk mengginat password. Dengan Lastpass kita hanya cukup mengingat 1 pasword, yaitu password lastpass setelah itu kita dapat login ke semua situs yang kita hubungkan.

8. IFTTT

Singkatan dari If This Then That, digunakan untuk mengirim 1 pesan secara bersamaan ke berbagai akun.
Contoh ketika kita memposting foto di instagram maka IFTTT akan memposting foto yang sama di tweeter. Kita juga dapat memberi pesan secara bersamaan kepada tim dengan mengkombain gmail (diberi tanda bintang) dengan googel site.
IFTTT juga dapat digunakan jika kita ingin postingan diblog secara otomatis di share ke berbagai akun sosial media milik kita.


Loom adalah aplikasi screencast atau aplikasi untuk merekam semua aktivitas yang kita lakukan di layar computer atau leptop dan dapat langsung diupload ke sebuah link. Hasil video dapat di download, atau disebarkan via email dan sosial media.

Jadi jika ingin mempresentasikan sesuatu seperti ide bisnis atau lainnya, maka kita dapat membuat slide presentasi dan merekam presentasi kita dengan loom. Setelah selesai presentasi maka video akan disimpan dan kita akan memiliki link videonya yang dapat digunakan untuk menyebarkan video tersebut kepada tim bisnis atau siapa saja. Disebelah video akan disediakan fasilitas chat, sehingga kita akan tahu jika ada pertanyaan atau tanggapan atas video yang kita buat.
Kelemahan dari loom adalah kita hanya diberi waktu selama 10 menit untuk merekam.
Saat ini Loom 100% gratis.

10. Material Player

Aplikasi khusus android. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mendengarkan audio seperti isi kajian yang panjang tampa harus kita ualang jika dimatikan. Contoh jika kita mendengar audio sepanjang 7 jam, dan baru mencapai 3 jam, kita dapat melanjutkan untuk mendengar di jam ke 3 lain waktu.

11. Newsfeed Burner

Aplikasi pembakar newsfeed facebook dan youtube.
Contoh jika kita membuka facebook maka hasilnya seperti gambar berikut:


Ini akan mencegah kita menghabiskan waktu yang tidak produktif.
Kita dapat mengatur aplikasi ini aar tetap dapat bermain facebook atau youtube minimal 15 menit sehari atau berdasarkan kebijakan kita.

12. Office Lens

Office Lens adalah scanner hp terbaik. Dengan ini kita dapat melakukan scan terhadap semua kertas yang ada.
Hasil scane dapat langsung diconnekkan ke one drive. Begitu diconekkan ke one drive kita dapat mencari kata-kata yang ada di dalam tulisan yang ada.
Contoh dapat dilihat pada gambar dibawah:

13. Paper – Fiftythree.com

Aplikasi exclusive untuk iOS.
Aplikasi ini digunakan untuk membuat gambar langsung di layar.

14. Pocket Casts – pocketcasts.com

Pocketcasts adalah aplikasi pockets

15. Recordium

Khusus iOS.
Aplikasi perekam suara terbaik di iOS dan gratis.

16. Rescue Time – rescuetime.com

Setelah kita menginstal, aplikasi ini akan mencatat apa saja yang kita lakukan. Dengan aplikasi ini kita akan tahu seberapa produktifkah kita.

17. Simplenote – simplenote.com

Aplikasi penulisan note. Dengan simplenote kita dapat invite email kawan kita dan pesan yang ditulis dapat langsung dibaca. Catatan yang kita tulis juga dapat langsung dipublish, selayaknya sebuah blog namun khus internel (hanya yang memiliki link yang dapat baca).
Jadi ketika ditulis dan dipublish, kita akan mendapat sebuah link. Link ini dapat kita bagikan dan kawan yang menerima link data membaca isi tulisan tampa dapat mengeditnya. Namun ketika kita mengedit tulisannya dan dipublish kemudian dibuka kembali oleh kawan maka isinyapun berubah.

18. Telegram – Telegram.org

19. Titanium Recorder

Perekam suara terbaik diandroid. Dengan ini kita dapat merekam semua yang kita pikirkan dan mengirimnya kepada rekan tim kita. Mirip sms, namun bentuk pesan dalam bentuk suara.

20. Trello – Trello.com

Trello dapat dimanfaatkan pebisnis untuk membagi pekerjaan. Trello adalah semcam kartu yang menggambarkan sebuah proses. Satu baris dapat dibuat dengan 1 kartu dapat dapat digeser-geser, tinggal dreg and drop dan langsung singkron di android.

21. Unrollme – unroll.me

Aplikasi ini akan meyaring semua email promosi disuatu tempat tampa harus unsubscribe. Jadi email promsi akan hilang dari inbox email dan dipindahkan ke unroll.me.

22. Wunderlist – wunderlist.com

Wunderlist adalah aplikasi ceklist. Dapat disingkronkan web dan hp serta dapat dishare ke karyiawan.

23. WD MyCloud – wdc.com

Semacam alat penyimpanan cloud sendiri.

24. Zapier – Zapier.com

Zapier hampir sama seperti IFTTT, namun dapat digunakan lebih banyak dan dengan tujuan komersial.

     http://member.daftarsb1m.net/aff/go/mytimyes?i=4

Demikianlah daftar 24 Tools Untuk Meningkatkan Productivity. Silahkan mencoba…..

https://www.freelancer.co.id/affiliates/myyesok

Komentar