Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol


Jika kita hendak membangun bisnis online dari nol, apa yang harus kita lakukan ?,

Jika seandainya kita tidak memiliki skill untuk memulai bisnis dan tidak mempunyai uang apa yang harus kita lakukan?, atau darimanakah kita harus mulai?

Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas tentang “5 Tangga Bisnis Dalam Memajukan Bisnis”, jadi untuk memulai bisnis online mulailah dari apa yang kita bisa.
Lalu apa yang harus kita lakukan atau bagimanakah langkah-langkahnya untuk memulai ?, berikut pembahasannya: 

     http://member.daftarsb1m.net/aff/go/mytimyes?i=4

1. Tentukan neace atau segment market mana yang akan kita masuki

Pada tahap ini kita harus melakukan riset market apa yang akan kita masuki. Diawal paling gampang untuk menentukan neace adalah dengan menemukan apa yang kita suka dan menjadikannya dapat menghasilkan.

Bagaimana jika kita tidak tahu apa yang kita suka?, Cara paling gampang untuk mengetahui apa yang kita suka adalah datang ke toko buku dan buku pertama yang paling menarik perhatian dan kita ambil biasanya topik itu yang kita suka. Atau perhatikanlah kehidupan keseharian kita, hal apakah yang paling membuat kita nyaman berlama-lama melakukannya atau paling kita inginkan untuk segera dilakukan (catatan: biasanya kasus untuk setiap orang berbeda beda, namun cara-cara ini adalah cara yang paling sering dilakukan untuk mengetahuinya).

http://kelbion.com/member/aff/go/mytimyes?i=1

2. Baca semua konten di neace tersebut

Bacalah konten-konten terkait neace tersebut. Bacalah artikel, majalah, blogpost, forum, atau video pejelasan tentang neace tersebut dan sebagainnya. Disini paling tidak kita menguasai bahasanya, menguasai istila-istilanya, menguasai masalah yang ada di neace tersebut itu apa.

Dengan banyak membaca kita akan tahu ternyata banyak orang memiliki masalah terkait neace tersebut. Kita akan tahu ada istila-istila tertentu atau masalah tertentu yang sebelumnya tidak kita duga.

Setelah tahu banyak tentang neace tersebut, mengetahui masalah yang ada, kita dapat menemukan solusi yang dapat kita tawarkan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Solusi inilah yang akan kita jual. Dsinilah peran penting customer persona. (Baca tentang Customer Persona Dalam Bisnis Online disini)

https://goo.gl/Lvft6Z

3.Miliki email dan akun sosial media

Kita dapat mengunakan layanan email gratis seperti gmail, yahoo, outlook, dan lain-lain.
Setelah memiliki email (saran saya gunakan gmail), milikilah akun sosial media dengan cara melakukan register ke situsnya. Sosial media yang saya maksud minimal saat tulisan ini saya buat adalah Facebook, tweeter, instagram, pinterest, linkedin, youtube.

Untuk langkah-langkah teknis registrasi email dan akun sosial media dapat dibaca dengan googling di internet, sangat banyak orang yang telah membuat artikel tentang langkah-langkah teknisnya. 

 http://www.a2hosting.com?aid=my777

4. Buat blog atau website

Kita dapat membaca artikel sebelumnya yaitu tentang Pentingnya Membuat Website Untuk Bisnis. Namun karena dalam artikel ini kita bicara dalam tahap dimana kita tidak memiliki uang sama sekali, maka kita dapat memanfaatkan sarana gratisan seperti blog post, wordpress, weebly, dan lain sebagainnya.

Inti dari website ini adalah menjelaskan siapa kita, expertise atau keahlian kita itu apa yang nantinya akan dilengkapi dengan konten yang akan kita buat. Inti dari ini adalah membuat orang merasa kita itu ahli dalam neace tersebut.

Jika sudah mempunyai modal milikilah website sendiri dengan mengunakan salah satu layanan hosting yang cukup rekomendet disini.

Hosting Gratis


5. Buat konten baik video atau artikel terkait Neace tersebut

Buatlah sebanyak-banyaknya konten yang baik terkait neace tersebut. Dengan konten tersebut kita dapat membangun personal branding dan juga cara pemasaran kita.

Konten-konten ini dapat kita distribusikan ke berbagai akun sosial-media milik kita tadi untuk menarik traffic datang, membaca atau menonton kemasan konten yang sudah dibuat. Usahakan agar konten ini dilihat oleh sebanyak mungkin orang.

Jika kesulitan mencari ide, kita dapat membuka pinterest dan melakukan pencarian infografik dengan keyword terkait neace kita. Dengan infografik yang ada kita dapat kembangkan menjadi video atau artikel. Ide juga dapat digali dengan banyak membaca atau bertanya dan memahami masalah persona kita itu apa.

http://followfast.com/register.php?ref=kumpul

6. Bagun emailis atau database

Pada dasarnya membangun emailis untuk konversi penjualan yang bagus adalah yang berbayar.

Jika kita benar-benar menginginkan sesuatu yang gratis kita dapat mengunakan layanan feedburner.google, mailchimp, sumo.me dan lain sebagainnya. (catatan layanan ini sebenarnya memiliki banyak kekurangan, namun jika memang tidak memiliki modal maka layanan ini dapat majadi solusinya --- walaupun akan sedikit berbeda dengan layanan autoresponder yang bisa di followup)

Disini yang pentig adalah kita membuat sistem dimana mengajak orang untuk mau memberikan alamat emailnya, yang nantinya dapat digunakan untuk followup.

Dari semua tahap ini kita akan menemukan bahwa-orang-orag ini memiliki kebutuhan khusus, dari sinilah baru kita mencari prodak. Prodak tidak selamanya harus milik kita, prodak bisa jadi milik kawan, partner, atau googel ke orang-orang yang mempunyai prodak yang menjadi kebutuhan list kita tersebut.
Isi dari prodak inilah yang nantinya kita kirimkan dalam bentuk penawaran kepada orang-orang dalam databace kita atau ketempat-tempat mereka berkumpul. Prodak itu tentu akan lebih laku jika dijualkan pada orang-orang yang sudah mengenal kita atau menyukai konten kita.


Disini kita mengirim email bukan hanya dengan tujuan mengirim email, namun juga untuk menjalin hubungan.

https://goo.gl/omhdVN

7. Semua langkah diatas didokumentasikan.

Semua langkah yang sudah kita kerjakan dapat kita tuliskan seperti jurnal. Kita dapat menggunakan fasilitas onenote atau tools sejenis yang gratis.
Bila perlu buatlah video tentang perjalanan yang sudah kita lalui.

Kita dapat melakukan setidaknya 2 hal dari semua hasil dokumentasi ini, yaitu:
  1. Semua langkah ini dapat dibuat sebagai step- by step utuk membuat bisnis ke-2 (menduplikasi tentu dengan cara dan pemahaman yang lebih baik).
  2. Hasil dokumentasi ini dapat dijual. Sangat banyak orang diluaran sana yang ingin memulai usaha namun tidak tahu caranya dan berbagai masalah lainnya yang membutuhkan sesuatu untuk meyakinkan mereka untuk memulai. Semua hal yang sudah kita lalui diatas pada dasarnya sangat relevan dengan masalah mereka karena mereka sedang mencari sesuatu untuk menyelesaikan masalahnya. Baca juga: 5 Tangga Bisnis Dalam Memajukan Bisnis
https://www.freelancer.co.id/affiliates/myyesok

Dengan melakukan semuanya ini minimal kita sudah dapat menghasilkan uang sendiri dari internet dengan modal yang sedikit bahkan gratis. Jika butuh belajar lebih lanjut untuk memiliki pamahaman lebih tentang cara menghasilkan uang secara online ikuti kelas bisnis online disini dan sekolah belajar menghasilkan uang 1 miliar per bulan disini secara gratis. Disana kita dapat belajar materi tetang bisnis online dan berkumpul dengan komunitas pebisnis online lainnya.

Komentar