5 Syarat Sebuah Bisnis Menjadi Besar

5 Syarat Sebuah Bisnis Menjadi Besar


Semua orang apalagi dijaman internet ini, semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk memulai usaha. Namun tidak semua usaha memiliki potensi untuk menjadi besar. lalu hal-hal apakah yang perlu kita perhatikan agar usaha kita menjadi besar?,

Baca juga: Langka-langkah Membangun Bisnis Online

https://goo.gl/yqNy2y


Jika kita ingin membangun sebuah bisnis dengan income yang besar dalam artian income yang kita hasilkan diatas 2 juta perbulan bahkan lebih, maka sekurang-kurangnya kita harus memperhatikan ke-5 kriteria berikut:

1.Needs

“ Find market (nt someone) who NEED your business “

Needs artinya bahwa kita perlu tahu apakah solusi yang kita jual atau produk yang kita tawarkan itu cukup besar peminatnya. Semakin besar kebutuhan pasar akan produk kita maka peluang keuntungan kita akan semakin besar.

Karena jika yang mau membeli produk kita hanya teman, pacar atau orang tau kita, maka bisnis kita akan sulit menjadi besar. Sebab sebanyak-banyaknya teman kita, jumlahnya tetap terbatas. Semantara jika kita menggunakan media online saat ini dengan benar, kita memiliki potensi untuk menjangkau sebanyak-banyaknya orang.

Dalam tahap Needs ini, kita sebagai penjual harus pandai-pandai memilih produk. Bukan hanya produk yang menurut kita bagus, namun juga produk itu haruslah produk yang banyak dibutuhkan orang.

2.Entry

“ Look for high barrier entry business “

Entry ini berkenaan dengan bagaimana bisnis yang kita bangun tidak mudah dimasuki oleh compotitor. Bisnis yang mudah ditiru atau mudah dimasuki oleh compotitor akan sulit berkembang sebab dihadapkan pada persaingan dengan produk compotitor.

Contoh misalkan kita membangun bisnis warnet, karena warnet yang dibangun ramai dan sukses, besok atau lusanya tetangga kita juga buka bisnis warnet. Akhirnya harus bercompotisi, belum lagi kalo terjadi perang harga dengan compotitor, jika ada warnet yang menjatuhkan harga pasar, akhirnya kita sulit untuk berkembang.

Jadi jika ingin membangun bisnis yang bisa besar, carilah model bisnis yang tidak mudah ditiru, paling tidak ada nilai lebih yang ditawarkan yang tidak mudah untuk ditiru atau mungkin compotitir tidak miliki.

3.Control

“ Have an end to end complete control if possible “

Dalam bisnis online usahakan dari ujung ke ujung bisnis kita yang mengontrolnya. Jadi jika berbisnis online jangan hanya mengandalkan satu jenis media, misalkan hanya menggunakan facebook ads saja, atau instagram saja, atau tweeter saja, dan media lainnya. Jika bisa gunakan semua media yang ada, sehingga jika facebook mengubahalgoritmanyapun, bisnis kita tetap jalan.

Bayangkan jika kita berbisnis online dengan hanya mengandalkan facebook. Jika suatu saat facebook mengubah algoritmanya atau akun kita di blockir, bisnis kitapun pasti akan down.

Contoh lainnya adalah jika kita membuat blog dan hanya mengandalkan adsend, dan jika adsend dib en maka kita akan kehilangan suber pendapatan.

Jika dibandingkan dengan bisnis konvensional, membuka toko handphone misalnya, menjual handphone dengan banyak merek tentu lebih aman ketimbng menjual handphone dengan hanya satu merek. Karena misalkan jika merek handphone yang satu kurang diminati pelanggan atau bermasalah, masih ada merek lain yang dapat didagangkan.

4.Time

“ Don’t trade your time for money “

Jangan menukar waktu dengan uang, sebab jika kita menukar waktu dengan uang bisnis akan sulit menjadi besar, sebab waktu kita selalu hanya terbatas 24 jam per hari saja.

Yang terpenting disini adalah bagaimana kita membangun sistem untuk memaksimalkan waktu kita. Misalkan bisnis dijalankan dengan promo email secara manual bisa kita jalankan dengan autoresponder (catatan jika bisnis masih kecil, mungkin tidak masalah tidak menggunakan autoresponder, namun jika sudah besar kita harus menemukan cara untuk lebih mempercepat segalanya).

Agar tidak menukar waktu dengan uang, maka kita perlu melakukan analisa pada bagian mana yang membuat bisnis kita menjadi lama dan temukan solusinya. Contoh jika membuat artikel yang lama, maka kita dapat menyewa orang untuk menulis artikel, atau misalkan kita ingin membuat website untuk toko online namun tidak tahu caranya, maka pekerjaan itu bisa kita serahkan pada orang lain atau pergi untuk mencari ilmunya, dan lain sebagainnya

Hosting Gratis

Disinilah pentingnya jurnaling dalam kegiatan kita.

5.Scalable

“ Grow and expand your business larger “

Bisnis kita harus bisa dibesarkan. Jadi misalkan kita membangun sebuah restoran dan perkembangan restoran itu hanya tergantung pada kita, maka restoran itu akan sulit berkembang sebab kemampuan yang kita miliki terbatas. Jadi disinilah pentingnya kita membangun sistem agar bisnis itu bisa dibesarkan.

Contoh sistem bisnis yang sukses seperti CFC dan MCDonald


https://goo.gl/omhdVN

Dalam dunia digital sekarang kita dapat menjalankan ke-5 syarat sebuah bisnis bisa menjadi besar diatas dengan lebih mudah. Sebab dengan bisnis online, kita dapat mencapai ribuan pelanggan tampa batas dibandingkan dengan bisnis offline yang sangat tergantung pada jumlah pelanggan yang berkunjung secara fisik di toko.

Misalkan jika kita membuka toko di mol, kemungkinan toko akan ramai itu saat hari libur berdasarkan jumlah pengunjung mol, yang mungkin jumlah pengunjung mol itu sendiri tidak sampai 500 orang. Namun dengan bisnis online kita dapat menjangkau lebih dari 500 orang itu dengan lebih mudah (catatn menggunakan iklan). Jadi jika kita menggunakan digital, sebenarnya bisnis kita jauh lebih muda dibesarkan.

Komentar