Bagaimana Mencari Ide Tulisan

Bagaimana Mencari Ide Tulisan


Salah satu masalah paling umum bagi blogger pemula ketika mulai ingin menulis adalah menemukan ide untuk tulisannya. Menemukan ide dianggap menjadi sasuatu hal yang paling sulit dilakukan ketika harus mengisi konten blognya dan melakukan updet postinggan.

Jadi pertanyaan yang paling sering diajukan oleh blogger pemulai bisanya adalah “ Bagaimana Mencari Ide Tulisan “.

Sebenarnya ide untuk sebuah tulisan itu sanggat banyak, ide bisa kita dapatkan dari mana saja, sebab pada dasarnya ide bisa kita dapatkan dimana saja. Bahkan kata Dewi Lestari “Ide Itu Seperti Aliran Sungai di Alam Bawah Sadar Kita, Kita Hanya Perlu Berhenti Sejenak Untuk Turun Ke Sana Untuk Mengambil Sereguk Dua Reguk Dari Aliran Sungai Ide Itu”.

Ya, sejujurnya bagai penulis sendiri mencari ide untuk membuat sebuah tulisan yang bagus itu cukup sulit. Penulis sendiri pada dasarnya adalah pemula dalam dunia tulis menulis. Bahkan blog ini sendiri sengaja penulis buat sebagai tempat penulis berlatih untuk menulis dan mencari uang tentunya, hehehe…..

Kembali ke topic “Bagaimana Mencari Ide Tulisan”

Ide bisa kita dapatkan dari keseharian kita, dari aktivitas kita setiap hari, dari pekerjaan kita setiap hari, dari kegiatan saat kita keluar dari rumah hingga pulang rumah kembali, dalam sebuah perjalanan dan sebagainnya pasti ada saja hal yang bisa kita temukan untuk menjadi dasar dari membuat sebuah tulisan.

Ide juga bisa kita temukan misalkan dari apa yang sedang ramai di media sosial, apa yang sedang dibahas orang di media sosial, buku yang habis di baca, film yang habis di tonton, apalagi bagi anda yang suka jalan-jalan atau treveling, pasti ide itu sangat banyak yang dapat anda temukan dari banyak tempat yang telah anda kunjungi atau anda dapat berbagi tulisan sekitar kegiatan anda saat mempersiapakan perjalan treveling, kendaraan yang anda gunakan untuk treveling, harga, tempat-tempat yang anda kunjungi, atau sekedar kegiatan sehari-hari. Dan dari sekian banyak pilihan itu kita tinggal memilih ide mana yang akan kita tulis dan akan kita kembangkan.

Memang ide itu sangat banyak, nmun masalahnya adalah bagaimana kita mengembangkan ide itu atau kepekaan kita dalam menangkap ide-ide itu. Jadi apa yang harus kita lakukan untuk menangkap idu itu, berikut ini beberapa tips yang dapat kita lakukan:

1. Hal yang dapat kita lakukan untuk menangkap ide-ide itu adalah dengan mencatatnya, misalnya dengan buku atau smartphone.

Kita dapat mencatat ide itu menjadi semacam judul besarnya yang dapat kita tambakan dengan catatan-catatan kecil yang nantinya dapat kita kembangkan ketika menemukan leptop atau komputer. Intinya disini adalah agar ide itu tidak hilang begitu saja, sebab salah satu masalah yang sering dialami adalah ide itu hilang begitu saja sebab tidak ada catatan yang dapat mengingingatkan kita, lalu ketika ingin menulis di depan leptop atau computer kita menjadi kebinggungan akan apa yang ingin kita tulis.

2. sering-seringlah memotret

Kita dapat memotret apapun, misalkan ketika jalan macet kita dapat memotret kondisi macet itu, atau ada tulisan yang unik di baliho, trotor atau hal lainnya. Nanti ketika waktu sudah senggang kita dapat melihat kembali foto-foto itu untuk menungkannya kedalam sebuah tulisan. Biasanya foto-foto itu dapat menarik kembali atau setidaknya mengingatkan kembali apa yang anda rasakan atau kondisi saat itu dan lebih penting menarik kembali ide apa yang dapat anda tuangkan kedalam tulisan kita.

Tuliskan saja apa yang kita pikirkan dan rasakan saat itu, seolah-olah kita sedang berbicara kepada kawan kita, jadi kita tidak perlu terlalu repot memikirkan banyak kata-kata langit yang malah memusingkan.

Jadi ide itu sebenarnya sangat banyak disekitar kita, kita hanya perlu lebih peka untuk menangkapnya dan jika kita punya kemauan untuk menulis tidak ada masalah dengan ide, sebab ide itu pada dasarnya dapat kita temukan dimana saja, bahakan kita dapat menulis apapun yang menjadi aktivitas kita sehari-hari. Oke sekian saja, anda dapat lanjut membaca Sudut Pandang Dalam Sebuah Tulisan dan Menyusun Kerangka Tulisan untuk mempelajari bagaimana mengolah ide itu menjadi sebuah tulisan.

Komentar