Tips Sukses Ikut Lomba Blog

Tips Sukses Ikut Lomba Blog


Salah satu hal yang menyenangkan dari aktivitas blogging adalah banyaknya lomba-lomba blog yang diadakan dengan hadiah yang menggiurkan. Hadiah-hadiah itu dapat berupa uang, hp, kamera, leptop, tiket jalan-jalan atau hadiah lainnya. Ya, hal ini dapat kita anggap sebagai bonus setelah sekian lama menghabiskan waktu untuk membuat tulisan-tulisan dalam blog kita.

Nah untuk mengikuti sebuah lomba blog, kita butuh seni tersendiri, butuh cara-cara atau tips-tips tersndiri. Dalam artikel kali ini kita akan membahas “ Tips Sukses Ikut Lomba Blog “, yang sekiranya dapat membantu kita sebagai blogger:


https://goo.gl/omhdVN

1. Perhatikan Tema dari Lomba dan Syaratnya Apa Saja

Tema ini penting, agar kita tau apakah kita akan nyaman dengan tema tersebut. Kalau temanya tidak kita kuasai atau tidak nyaman dengan tema itu, biasanya kita juga tidak akan nyaman untuk menulis.

Contoh: jika kita tidak menyukai topik atau tema terkait fasion atau kecantikan, maka sebainya tidak perlu memaksa untuk ikut.

Perhatikan juga syarat-syaratnya, misalkan berapa jumlah kata yang harus dimasukan, berapa link yang harus di masukan, jumlah share yang harus dilakukan, apakah ada foto atau gambar tertentu yang harus dimasukan, dan sebagainya.

Kita juga boleh mengikuti sebuah lomba yang temanya tidak kita kuasai jika tujuannya untuk menantang diri sendiri. Tapi jika sejak awal saja sudah tidak yakin dengan temanya, sebaiknya tidak usa diikuti, dari pada membuang waktu dan tenaga.

2. Cari Tahu Siapa Jurinya

Mengetahui siapa jurinya adalah penting supaya kita tahu gaya tulisan apa yang disukai oleh jurinya. Membuat tulisan yang disukai oleh jurinya, membuat kemungkinan kita untuk menang semakin besar, hal ini dikarenakan yan menilai tulisan kita pada akhirnyakan juri.

Jadi sebisa mungkin kita harus tahu siapa jurinya, dan tulisan kita harus menyesuaikan dengan gaya juri tersebut.

Bagaimana jika kontes lombo tersebut tidak mencantumkan nama jurinya?, Maka sebaiknya kita menyesuaikan tulisan dengan karakter penyelenggara lomba apakah dari brandnya atau dari dinas tertentu. Misalnya lomba yang diadakan dari brand anak muda, tentunya mereka lebih menyukai tulisan yang santai dan khas-khas anak muda. Jika lomba diadakan oleh brand yang identik dengan sesuatu serius maka kita juga harus membuat tulisan yang serius.


Bayangkan jika ada banyak peserta, lalu kita tampil dengan ide dan sudut pandang yang berbeda untuk suatau tema yang sama tentu tulisan kita lebih dapat disorot atau diperhatikan oleh juri.

Mencari ide dan sudut pandang yang berbeda tentu bukan hal yang mudah, karena butuh kreativitas tinggi, kemauan untuk belajar dan mencari. Salah satu cara mencari ide dan sudut pandang yang berbeda dalam sebuah lomba blog dapat kita lakukan dengan riset kompotitor. Jadi kita mencari ide dengan melihat tulisan-tulisan yang sadah ada pada lomba-lomba blog sejenis, dari sini kita akan tahu ide-ide yang sudah sering digunakan, sehingga kita dapat menentukan kira-kira ide dan sudut pandang yang berbeda yang dapat kita ambil itu apa.

Jika kita berhasil menemukan ide dan sudut pandang yang berbeda peluang untuk menang menjadi lebih besar.

4. Siapkan elemen pendukung

Elemen pendukung yang saya maksud disini dapat berupa foto, video, atau infografis, atau elemen lainnya yang ada hubungan dengan tulian yang kita buat. Jadi, jika dari segi tulisan kita sudah yakin akan kualitasnya, maka kita dapat menambah elemen pendukung agar menambah bobot dari isi tulisan kita.

5. Berdoa

Jadi setelah melakukan semua usaha tidak ada cara lainnya lagi selain berdoa. Karena jika kita sudah melakukan semua usaha yang ada, maka hasil akhirnya hanya bisa kita serakan kepada Tuhan.

https://goo.gl/Lvft6Z

Jadi, yang perlu diingat jika sudah melakukan semua usaha secara maksimal dan belem juga juara, ya sudah berarti memang bukan rejeki kita. Tidak usa nyinyir dan berusaha mencari tahu tulisan pemenang loba dan berpikir bahwa kita juga bisa menang jika tulisannya hanya segitu. Jika tidak menang, ya kita terima saja dari pada bikin susah diri sendiri. Jika ada lomba kita bisa coba lagi, siapa tahu suatu saat kita akan menang.

Ingat bahwa lomba blog itu hanya bonus dari kegiatan blogging. Jadi yang paling utama adalah ngeblog dan jika menang, itu bonus sebagai motivasi tambahan untuk ngeblog.

Komentar