Journaling dan setting goal

Journaling dan setting goal


Dalam artikel kali ini kita akan sedikit mengupas tentang journaling dan setting goal.
Journaling yang dimaksud dalam artikel ini adalah jurnal harian yang kita buat dengan tujuan menggambarkan aktivitas apa saja yang kita lakukan setiap hari. Sedangkan setting goal adalah tujuan yang hendak kita capai dan rincian mengenai cara-cara untuk mencapainnya, rincian ini dapat dibagai dalam bentuk pemikiran tentang apa saja yang harus dilakukan dari hari ke sehari untuk mencapai tujuan (bahasa kerennya rencana kehidupan). Jadi journaling adalah catatan masa lalu kita (bisa catatan seminggu yang lalu, kemarin atau bahkan sejam yang lalu), sedangkan setting goal berisi rencana kehidupan kita dimasa depan (bisa rencana apa yang harus kita lakukan besok, seminggu yang akan datang atau 20 tahun kemudian).

https://goo.gl/omhdVN

Pembuatan journaling dan setting goal itu penting untuk menjaga kosistensi dalam mencapai tujuan. Jika tulisan journaling dan setting goul berbeda, maka harus ditemukan apa penyebabnya, sebab jika demikian berarti ada yang salah dalam menejemen waktu kita (jika memang tidak ada sesuatu yang berarti yang dapat menjadi peyebab terhalangnya pencapain tujuan, seperti ada acara keluarga, jatuh sakit dan lain sebagainnya).

Jadi dengan journal dan setting goal kita dapat tahu atau sekiranya diingatkan tentang apa yang menjadi penyebab tidak terlaksananya suatu rencana sehingga membantu menemukan solusinya.

Contoh jika kita tidak dapat menyelesaikan sebuah pekerjaan, maka dapat dilakukan evaluasi mengapa pekerjaan itu tidak dapat diselesaikan. Dari sini kita dapat mempelajari hal-hal mana yang membuat kita terlambat mencapai tujuan. Sebab jika tujuan tidak tercapai berarti goal-goal yang sudah kita buat menjadi tidak ada gunanya.

Setelah mendefenisikan masalah, maka kita dapat merancang ulang jurnal atau menggunakan teknik-teknik produktivitas yang lebih tinggi, atau apapun tergantung masalah yang ditemukan.

Jadi journal dapat berisi progres pembelajaran kita. Dengan journal kita dapat tahu apa saja yang sudah dilakukan atau pembelajarannya sudah sampai dimana. Journal juga dapat berisi pemikiran tentang sesuatau atau berisi ide-ide yang dipikirkan ketika belajar dan melakukan sesuatu.

Kenapa journal juga berisi ide dan pemikiran kita?, karena ketika memikirkan sesuatu otak tidak mungkin dapat menginggat semuannya. Apa yang kita pikirkan hari ini, mungkin besok juga ide atau pemikiran itu sudah dilupakan.

Setting goal dapat kita bagi dalam bentuk aktivitas kecil-kecil atau aktivitas harian.
Contoh goal kita adalah membangun bisnis online, untuk membangun bisnis online dibutuh wadah untuk menjual produk secara online seperti blog/website dan situs media sosial (facebook, tweeter, instagram, dll). Setelah membangun wadah butuh data base pelanggan, maka kita membuat lending page atau apapun yang dapat menarik pelanggan meninggalkan nama dan email, belum lagi harus memikirkan iklan atau cara agar web atau situs media sosial dilihat oleh pelanggan, sebelum akhirnya bisnisnya dapat jalan.
Dengan tahu step by stepnya kita dapat tahu apa yang harus di mulai dan mau kemana.
Jika masalah kita adalah gaptek sehingga tidak dapat membuat blog/website dan situs media sosial (facebook, tweeter, instagram, dll), maka kita tahu harus belajar atau bisa mempekerjakan orang lain. Dengan adanya journal mendevenisikan masalah menjadi lebih mudah.

Apa perasaan atau keputusan yang dibuat, sebaiknya ditulis dalam journal untuk membantu meriview ulang semua yang dilakukan baik hasilnya positif atau negative untuk meningkatkan progres hidup kita.
Masukan-masukan dari orang lainpun bila perlu dijurnalkan. Jurnal bukan hanya dapat menjadi isi dari pemikiran kita namun juga tentang apa yang dipikirkan orang lain.

https://goo.gl/Lvft6Z

Setting goul kita dan mulailah membuat track jalannya. Tampa membuat track jalannya kita tidak akan tahu apa yang harus dilakukan atau sudah sampai dimana usahanya.jadi tentu goal dan action apa saja yang sudah dilakukan dan devenisikan masalahnya, lalu temukan cara terbaik untuk mencapai tujuan dengan lebih cepat lagi. Tampa action, goal hanyalah menjadi sebuah mimpi.

Komentar