Sudut Pandang Dalam Sebuah Tulisan

Sudut Pandang Dalam Sebuah Tulisan


Sudut pandang dalam sebuah tulisan sangat penting karena dapat membuat tulisan menjadi lebih menarik dan berbeda. Bayangkan jika ada satu tema yang ditulis oleh banyak orang dan kita juga hendak membuat tulisan tentang tema itu tapi dengan sudut pandang yang sama, mungkin tulisan kita akan terkesan biasa-biasa saja karena sudah banyak yang menulis dengan cara semacam itu. Jadi sudut pandang penting untuk membuat tulisan kita berbeda dengan tulisan lainnya dan tentu saja itu menambah kualitas dari tulisan kita.

Lalu bagaimana mencari sudut pandang yang berbeda dalam sebuah tulisan?, tentu saja mencari sudut pandang yang berbeda butuh kepekaan dan kreativitas kita sebagai penulis, bagaimana sesuatu yang sudah terlalu sering dituliskan orang dapat kita sajikan dengan melihat dari sudut-sudut yang berbeda sehingga kita bisa menghasilkan sebuah karya tulis yang juga berbeda.

Secara teori kira-kira ada 4 sudut pandang yang dapat diambil antara lain
1. Sudut pandang orang pertama 
2. Sudut pandang orang kedua 
3. Sudut pandang orang ketiga 
4. Sudut pandang campuran

Namun dalam tulisan ini, kita tidak akan membahas teori-teori yang memusingkan itu.

Misalkan sebagai seorang penulis yang ingin menulis tentang aktivitas kuliah. Kita dapat menulis dari sudut pandang orang pertama yaitu kita sendiri dan kegiatan yang kita lakukan bersama teman-teman kita atau rekan-rekan kita. Menulis dengan melihat dari sudut pandang orang kedua dapat dilakukan ketika kita menggambarkan percakapan kita dengan teman atau dosen. Kita juga dapat menulis sebagai orang ketiga yaitu dengan membuat penulis berada diluar cerita (misalkan dengan menggambarkan percakapan antara dua atau lebih teman-taman kita atau menggambarkan tentang apa yang sedang dipikirkan dan dilakukan seseorang). Dan yang terakhir adalah menulis dengan sudut pandang campuran, disini kita menulis dengan menempatkan diri penulis secara bergantian dari satu tokoh ke tokoh lainnya dengan sudut pandang yang berbeda-beda. “aku”, “kamu”, “kami”, “mereka”, dan atau “dia”.

Dalam mencari sudut pandang yang paling penting adalah mengasah terus kreativitas. Jadi ketika menemukan ide, jangan terburu-buru untuk segera mengeksekusi ide tersebut. Kita dapat memperhatikan secara baik-baik ide ini seperti apa, kemudian dari situ kita menilai kira-kira sudut pandang yang dapat kita ambil dari ide tersebut seperti apa, yang dapat membuat tulisan kita menjadi berbeda.

Contoh ketika ada sebuah isu yang hendak kita bahas, kira-kira isu ini hendak kita bahas dari sudut pandang yang mana. Dengan terus menantang diri sendiri untuk mencari sudut pandang yang tidak biasa, kreativitas kita tentu akan terus terbentuk seiring waktu. sudut pandang yang tidak biasa itu tentu akan menambah bobot dari sebuah tulisan kita.

https://goo.gl/omhdVN

Jadi yang paling penting dari membuat tulisan dengan sudut pandang yang tidak biasa adalah kreativitas. Ketika membuat sebuah tulisan jika kita ingin tulisan itu lebih menancap di pikiran orang atau tulisan itu menjadi berkesan, lebih diperhatikan orang maka sebuah sudut pandang yang berbeda adalah sebuah keharusan. Kreativitas kita dalam menulis dengan sudut pandang yang berbeda akan terus terasa seiring waktu jika kita terus berusaha untuk menggasanya.

Komentar