Bagaimana Menjadi Kaya?

Bagaimana Menjadi Kaya?


Kita sering terbiasa untuk melakukan sesuatu yang dianggap orang normal. Ketika ada orang yang melakukan sesuatu lebih keras dari pada orang kebanyakan, maka lingkungan sekitarnya akan mengatakan dia aneh atau sering dikonotasikan secara negatif, namun jika orang itu sukses maka dia akan disebut jenius. Hal inilah yang menimbulkan kultur untuk melakukan hal yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang. Lalu bagaimana untuk tidak terjebak dalam kultur yang biasanya, jawabannya hanya satu “mulai membuat aksi”.

Sekarang bayangkan kita dalam posisi apapun, apa yang akan terjadi jika kita melakukan sesuatu dengan usaha 10 x lipat lebih keras dalam setiap pekerjaan yang sedng kita tekuni saat ini?, kira-kira hasilnya seperti apa?.

Yang perlu di perhatikan juga bahwa waktu kita sangat terbatas setiap orang hanya diberi waktu 24 jam sehari. Uang itu juga terbatas (walaupun uang bisa dicari, namun jumlahnya tetap tidak unlimited). Hanya ada satu yang tidak terbatas yaitu motivasi.

Sayangnya kebanyak orang sudah gagal sekali langsung kehilangan motivasi, padahal motivasi itu sendiri tidak ada batasnya. Motivasi tidak membutuhkan modal, motivasi hanya berhubungan dengan mindset, tentang apa yang kita pikirkan dan rasakan.

Jika kita melihat bagaimana cara orang-orang kaya dalam menjalani hidup, maka kita akan menemukan pola-pola yang hampir sama. Pola-pola itu, antara lain dapat dirangkum sebagai berikut:

https://goo.gl/omhdVN

1. Membaca buku sebanyak mungkin

Pendapatan kita sangat bergantung pada skill atau pengetahuan kita mencarinya. Untuk meningkatkan skill dan pengetahuan salah satu caranya adalah dengan banyak membaca.

Membaca juga dapat terus memacu kita untuk terus mengupded ilmu yang kita miliki.

Lalu bagaimana caranya membaca lebih banyak?,
kita dapat memulainnya dengan menejemen waktu, setiap hari kita dapat meluangkan waktu minimal 30 menit untuk membaca. Dalam waktu 30 menit itu, kita dapat mematikan semua hal yang dapat mengganggu kita membaca (matikan tv, matikan sosial media, dll). sebab jika 30 menit saja tidak ada waktu, yang buruk itu adalah menejemen waktunya.

Buang waktu yang tidak penting (seperti menonton tv atau bermain sosial media) dan sediakan khusus untuk membaca.

2. Setting goal

Setting goal artinya kita ingin mendapatkan uang berapa dan perhatikan apakah cara hidup kita sudah sesuai untuk mencapai setting goal tersebut. Jika tiap hari kita melakukan hal yang biasanya dan hal yang biasanya itu memiliki hasil yang tidak sesuai dengan keingginan kita maka kita harus mulai berpikir tentang cara baru untuk mencapai apa yang kita inginkan.

Jika goal kita cukup jauh, maka kita harus membanya dalam plan-plan kecil apa yang harus kita lakukan untuk mencapainnya. Plain-plan kecil itu dapat berupa target tahunan, target mingguan, bahkan bila perlu target harian. Goal harus dibuat dengan deadline sebab goal tampa deadline hanyalah sebuah mimpi.

Setting goal juga dapat berarti merencanakan kehidupan. Cara paling gampang adalah malam sebelum tidur buatlah rencana tentang apa-apa saja yang harus kita lakukan keesokan harinya, buatlah detaailnya bila perlu kegiatan perjamnya – usahakan tidak ada waktu yang terbuang.


4. Networking

Yang kita butuhkan untuk sukses bukan hanya sekedar networking namun juga superkonekting.

Superkonekting disini dapat dimengerti sebagai bagaimana caranya kita dapat mengenal orang-orang yang dapat mengenalkan kita ke sesuatu yang lebih besar dan dapat membawa karir kita naik atau lompat. Kalo kita tidak tahu siapa orangnya kita akan sulit maju. Jadi kita butuh mengidentifikasikan siapa orang-orang yang dapat membawa karir kita maju kedepan.

Untuk membangun networking, kita dapat mulai dengan komunitas fb atau komunitas media sosial lainnya (komunitas yang produktif tentunya), mengikuti seminar dan lain sebagainya. Jika kita tahu siapa orang yang dapat membantu untuk peningkatan karir, namun tidak mengenal orangnya, maka kita dapat bertanya, kira-kira siapa yang dapat membantu untuk mengenalkannya.

5. Buat juarnal

Catatlah setiap kegiatan, apa yang kita kerjakan dan apa yang kita pikirkan. Mulailah melakukan action.

Jadi jangan menggunakan otak untuk menyimpan informasi, namun gunakan otak untuk berpikir. Jurnal membantu untuk mendefenisikan masalah, pecahkan masalahnya (dapat bertanya pada yang ahli, dan terkadang ide itu muncul begitu saja - - - itulah pentingnya catatan jurnal) dan jangan lupa yang paling penting action.


6. Exercises atau Berolahraga

Menjaga kebugaran tubuh jua salah satu cara agar kita tetap produktif dalam bekerja.

7. Dapatkan Sebuah Skill Yang Tidak Gampang Digantikan

Orang-orang yang sukses biasanya dikenal akan sesuatu. Contoh bill gates dikenal sebagai apa, steve jobs dikenal sebagai apa, mark zuckerberg dikenal sebagai apa. Orang-orang ini mempunya sesuatu yang tidak gampang digantikan.

Jadi kita harus punya skill yang bisa membuat orang bertanya kepada kita. Kalo tidak punya skill, ya kita harus bangun. Belajar dan bekerjalah hari ini untuk membangun skill milik kita sendiri.

8. Mastermind

Jadi jika kita bergabung dalam sebuah komunitas buatlah networking atau seperti kawan 2 atau 3 orang untuk berkumpul dan mulailah membicarakan tentang

9. Keluar dari zona nyaman

Ini memang gampang-gampang susuh, namun harus kita lakukan jika kita ingin terus menalami kemajuan. Jika hendah sukses di bisnis online dan gaptek misalkan maka alasan gaptek atau tidak dapat adalah zona nyaman kita kita harus bisa keluar dan cara terbaik untuk keluar adalah buatlah sebuah aksi, dalam hal ini misalkan meluangkan waktu 1 atau 2 jam khusus untuk utakatik computer atau perangkat tanologi lainnya, cara lainnya bisa juga bertanya pada orang yang lebih ahli.

https://goo.gl/Lvft6Z

Perhatikanlah pola pikir orang-orang kaya dan yang paling penting dari semuanya adalah action. Tampa aksi semuanya yang kita pikirkan dan harapkan hanya akan menjadi sebuah mimpi.

Komentar