7 Langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

7 Langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula


Bisnis online pada dasarnya sama dengan bisnis offline, waluuapun tentu tidak semuanya sama. Pada bisnis offline kita cendrung untuk menunggu customer datang ke toko, namun pada bisnis online jika ingin sukses kita harus mengundang customer untuk datang ke toko online kita. Cara mengundang tentu ada banyak caranya, bisa dengan tekik gratisan (SEO, Sering ke media sosial, dll) serta dengan cara berbayar yaitu dengan membeli traffic iklan.

Adalah bohong jika diluaran sana mengatakan bahwa bisnis online adalah bisnis cepat kaya. Mamang dengan cara mengonlinkan bisnis, kita dapat menhemat waktu dan biaya, namun kita harus tetap memperhatikan prinsip-prinsipnya untuk sukses. Pada ulasan sebelumnya kita telah membahas tentang Langka-langkah Membangun Bisnis Online, pada artikel tersebut kita membahas dari sudut pandang merka yang sudah memiliki asset online, lalu bagaimana membangun bisnis online bagi mereka yang benar-benar masih pemula. Dalam artikel tentang “7 Langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula” ini kita akan membahas langkah-langkah yang dapat dilakukan jika semuanya tentang bisnis online kita mulai dari awal. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai bisnis online bagi pemula:

https://goo.gl/omhdVN


1. Tentukan Needs atau segmen market apa yang akan dimasuki

Riset market apa yang akan dimasuki, paling gampang lihat hal yang paling disuka. Sebab biasanya mengerjakan sesuatu yang kita suka akan lebih nyaman dan kita akan betah untuk melakukannya. Namun jika tidak ada yang kita suka, tentu kita akan mencoba apapun dan belum tentu kita dapat bertahan disana.

Cara gampang untuk menentukan apa yang kita suka adalah dengan melihat kegiatan kita sehari-hari. Kaiatan apa yang membuat kita betah berlama-lama, kegiatan apa yang paling kita nanti-nanti, atau paling gampang datanglah ke toko buku atau majalah temukan buku pertama yang diambil dan paling menarik minat kita untuk membacanya, biasanya itulah yang menjadi kesukaan kita (tentu kegiatan yang dimaksud disini kegiatan yang positif).

2. Baca semua konten di needs tersebut.

Bacalah semua hal di needs tersebut. Bacalah majalah, buku, berita, blogpost, furum, tontonlah video penjelasan tantang needs tersubut dan sebagainya. Dengan membaca kurang lebih, kita harus menguasai bahasanya, istila-istilanya, dan paling kurang masalah dari needs tersebut. Karena setelah kita benar-benar mendalaminya, kita baru akan sadar bahwa ternyata ada pertanyaan yang seperti ini ada pula pertanyaan yang seperti itu, baik diforum, blogpost, maupun komunitas-komunitas media sosial.

Tujuan utama dari tahap ini adalah memahami tentang needs yang akan kita masuki, menggali masalah-masalah yag ada di dalamnya, sehingga kita dapat menemukan masalah-masalah apa yang dapat kita pecahkan sebagai peluang untuk membangun bisnis kita.

3. Register email dan buatlah akun sosial media yang khusus membahas needs tersebut.

Jika ingin mebangun bisnis online, register email merupakan hal yang perlu dilakukan. Berikut babarapa layanan email gratis yang dapat kita miliki: gmail, yahoo, outlook, MerahPutih.id, dll

Setelah itu register ke beberapa sosial media. Saat tulisan ini dibuat, beberapa akun sosial media yang sering digunakan dan dapat dimiliki secara gratis antara lain FaceBook, Tweeter, Youtube, Instagram, Pinterest, Linkedin.

Bila perlu buatlah blog atau website. Jika belum ingin mengeluarkan biaya, dapat menggunakan layanan blog gratisan, seperti blogpost, wordpress, weebly, dan lain sebagainnya. Spesifikasi blog atau website adalah tentang keahlian kita dan needs yang akan kita bangun

4. Buatlah content baik dalam bentuk tulisan, gambar ataupun video

Ciptakan konten yang berguna dan original, sekurang-kurangnya dapat memberikan huburan tersendiri atau informasi tertentu terkait needs yang akan dibangun. Hal ini perlu dilakukan sehingga jika penguna interet hendak membutuhkan sesuatu terkait needs yang kita bangun, maka mereka akan mudah mengigat blog atau website kita.

Ciptakan 1000 content. Content tidk perlu panjang, setidaknya memiliki nilai.

tujuan utama dalam tahap ini adalah untuk menciptakan personal branding atau meninggalkan jejak sehingga keberadaan kita dan bisnis kita dapat dilacak oleh mesen pencari (googel, yahoo, bing, dan lain-lain). Karena tujuannya adalah untuk membentuk personal branding, maka usahakan conten yang dibuat focus pada needs yang akan dimasuki, misalkan needs tentang kesehatan maka conten yang dibuat harus selalu berhubungn dengan kesehatan, jangan memasukan konten yang tidak berhubugan seperti pacaran atau curhat kegalauan pada akun blog atau website dan sosial media yang sudah dibuat untuk membangun bisnis kita tersebut.

5.Content didistribusikan

Setelah menciptakan content, jangan lupa content tersebut di distribusikan ke berbagai jaringan sosial media yang kita miliki. Masukan ke blog atau website atau youtube lalu sebarkan ke FaceBook, Tweeter, Youtube, Instagram, Pinterest, Linkedin., dan akun sosial media kita lainnya.

6. Bangun data base

Buatlah sistem dimana kita dapat menangkap database penunjung blog atau website (untuk lebih mudah sebaiknya menggunakan biaya pada tahap ini untuk menyewa autoresponder). Setelah menangkap database, kita akan mulai tahu bahwa pengunjung web atau blog kita itu memiliki kebutuhan khusus.

Dari kebutuhan kebutuhan khusus ini, kita akan tahu prodak yang dapat kita berikan untuk memenuhi kebutuhannya. Prodak disini tidak harus prodak milik kita, padak dapat milik partner, kawan, kenalan, atau menggunakan sistem dropshiping atau afffiliet. Cara lain untuk mendapatkan prodak adalah kita bisa melakukan gogeling tentang siapa saja yang memiliki prodak tersebut.

Prodak-prodak ini dapat kita jual ke orang-orang yang sudah memasukan databasenya. Kita dapat mengirim email dan jangan hanya sekedar melakukan penjualan, usahakan untuk juga membangun hubungan dengan mereka. Intinya disini adalah kita menjual prodak-prodak tersebut ke orang-orang yang memang sudah terterik dengan kita.

7. Dokumentasikan

Dokumentasikan perjalanan dalam membangun bisnis mulai dari tahap 1-7 ini. Kita dapat menggunakan fitur-fitur gratis seperti one note, microsoft word, dan lain-lain. Semuannya ini dapat kita buat dalam bentuk jurnal atau diary.

Ada 2 hal yang dapat dilakukan dari hasil dokumentasi yang kita buat. Pertama hasil dokumentasi itu dapat dicopy untuk bisnis kita selanjutnya, untuk membangun bisnis yang baru semuanya sama saja yang membedakan hanyalah contennya. Jadi bisnis yang sudah jadi sistemnya tinggal diduplikasi untuk bisnis yang baru.

Guna kedua dari hasil dokumentasi ini adalah dapat dijual. Sangat banyak orang diluaran sana yang sangat ingin menhasilkan uang dari internet, namun tidak mengeti caranya dan berbagai pertanyaan lainnya yang sejenis. Semua perjalan kita dalam membangun bisnis tadi, sangat sesuai untuk orang-orang seperti ini, dimana mereka sedang mencari sesuatu yang dilakukan dengan kondisinya saat ini.

Hosting Gratis

Tentu kita tidak perlu mengikuti semua langkah diatas secara berurutan, namun intinya semua langkah diatas dapat dijalankan sesuai dengan kebutuhannya. Semua yang sudah diuraikan diatas sangat simple dan gratis (jika ingin hasil cepatpun, biaya yang dikeluarkan tidaklah lebih dari 3 juta). Dan untuk mengerjakan semuanya, kita tidak perlu waktu 1 jam setiap hari, bagus jika kita membuatnya setiap hari, sebab memang tujuan kita adalah menciptakan banyak conten yang berkualitas.

Baca juga: Apa itu Bitcoin dan Potensinya
https://goo.gl/Lvft6Z

Demikianlah artikel tentang 7 Langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula, saya harap artikel ini menjawab kebutuhan kwan-kawan. Salam sukses.

Komentar